Selamat Datang!!

There's a life in the soil!

Sabtu, 14 April 2012

Mengapa Soilrium?

Bagi kebanyakan orang, tanah adalah hal yang berkaitan erat di dalam keseharian. Fungsinya bisa sebagai pondasi bangunan, media bercocok tanam, dasar pembangunan jalan, dan sebagainya. Namun tidak sedikit pula yang kurang menyadari kegunaan tanah bagi kehidupan. Padahal, di samping kegunaan tadi, tanah juga mampu menyimpan air untuk kebutuhan sehari-hari, menyimpan bahan-bahan tambang yang bernilai ekonomi, bahkan mampu juga mendegradasi, membuffer, dan mendetoksifikasi racun-racun dan polusi.

Di dalam tanah sendiri apabila kita lihat lebih dekat, menyimpan suatu kehidupan yang kadang luput dari pandangan manusia. Ada banyak hewan-hewan yang bersarang di dalamnya misalnya cacing, semut, dan rayap. Begitu pula akar-akar tanaman dan jamur berperan dalam ekosistem tersebut. Terdapat pula bakteri-bakteri yang memiliki andil dalam pembentukan dan perkembangan tanah.

Sayangnya, untuk mengamati hal tersebut selama ini kita harus melakukannya di lapang ataupun skala laboratorium. Tentunya ini akan menyulitkan bagi sebagian orang. Di sisi lain, masih banyak pula orang yang belum menyadari akan pentingnya biota tanah yang telah disebutkan di atas bagi kehidupan makhluk hidup lainnya termasuk manusia. Contoh penting adalah beberapa orang sering takut dan jijik pada cacing. Padahal cacing mampu menyuburkan tanah dan menggemburkannya sehingga tanaman dapat tumbuh lebih baik. Bagi manusia, tanah yang gembur berarti air dapat meresap masuk sehingga akan berdampak pencegahan banjir.

Begitu penting bukan kehidupan dalam TANAH :)

Hadirnya Soilrium diharapkan menjadi alat yang inovatif sebagai media pembelajaran kehidupan dalam tanah  bagi semua orang. Dapat dibuat oleh semua orang dan diamati oleh semua orang

Salam Soilrium. Salam VIVA SOIL!
SOILRIUM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar