Selamat Datang!!

There's a life in the soil!

Sabtu, 14 April 2012

Membuat Soilrium di Rumah Anda

Soilrium dari tanah Rumput

Soilrium dari tanah Hutan
Soilrium dapat dibuat di rumah dan dikerjakan oleh siapapun. Dan tentunya dengan alat-alat yang terjangkau bagi semua:

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
1. Wadah kaca atau akuarium bekas yang ukurannya sesuai keinginan anda
2. Penutup kasa
3. Cangkul
4. Pecok
5. Ember/baskom
6. Kompos/bahan organik tanah
7. Benih tanaman
8. Air

Cara pembuatan:
1. Ambil bahan tanah menggunakan cangkul atau pecok dari pekarangan anda atau tempat manapun. Akan lebih baik tanah-tanah yang berwarna gelap karena mengandung banyak organisme dan bahan organik tanah. Taruh sementara di ember atau baskom.
2. Pindahkan bahan tanah tersebut ke wadah kaca. Isi hingga 3/5 bagian atau sesuai keinginan anda. Namun ingat bahwa perlu tempat kosong untuk tanaman tumbuh.
3. Isi dengan kompos, bahan organik, atau serasah.
4. Isi dengan cacing, semut atau fauna lainnya. Sebaiknya fauna tersebut berasal dari sekitar lokasi pengambilan bahan tanah. Berusalah agar pemindahan fauna tanah ini dilakukan dengan hati-hati. Atau bila ingin anda dapat pula memasukkan fauna dari tempat lain atau anda beli dari toko-toko tertentu seperti toko serangga dan tempat pembiakan cacing.
5. Jika diinginkan, berikan juga benih tanaman di dalam Soilrium. Usahakan tanaman yang tidak terlalu tinggi. Letakkan agak di pinggir sehingga saat tumbuh akar tanaman dapat terlihat.
6. Tutup dengan penutup kasa.

Cara perawatan:
 1. Simpan Soilrium pada tempat yang terjangkau sinar matahari yang cukup. Pada malam hari, Soilrium dapat anda simpan di dalam ruangan.
2. Berikanlah air secukupnya secara rutin atau saat tanah sudah terlihat kering. Jangan sampai pula air tergenang di dalamnya.
3. Anda dapat kapanpun menambahkan hewan-hewan tanah ataupun tanaman ke dalam Soilrium.

Silahkan mencobanya di rumah anda masing-masing!
Salam Soilrium! Salam VIVA SOIL!

2 komentar: